Patung Pembebasan Irian Barat

 

 

ppem-irian0051

Patung Pembebasan Irian Barat lapangan Banteng

(foto: ©2008 arie saksono)

 

Patung yang berada di tengah-tengah lapangan Banteng ini dibuat pada tahun 1962, pada waktu bangsa Indonesia sedang berjuang untuk membebaskan wilayah Irian Barat (Irian Jaya, kemudian sekarang menjadi Papua).

Ide pembuatan patung berasal dari Bung Karno, kemudian “diterjemahkan” oleh Henk Ngantung dalam bentuk sketsa. Ide tersebut tercetus dari pidato Bung Karno di Yogyakarta. Pidato Bung Karno telah menggerakkan massa untuk bertekad membebaskan saudara-saudaranya di Irian Barat dari belenggu penjajahan Belanda.

Patung ini menggambarkan seorang yang telah berhasil membebaskan belenggu (maksudnya adalah penjajahan Belanda).

 

Data Patung Pembebasan Irian Barat

Patung terbuat dari perunggu dengan berat kurang lebih 8 ton

Tinggi patung dari kaki sampai kepala 9 meter, tinggi keseluruhan sampai ujung tangan kurang lebih 11 meter

Tinggi kaki patung (voetstuk) 20 meter terhitung dari jembatan, sedangkan dari landasan bawah 25 meter

Pelaksana PN Hutama Karya dengan arsitek Silaban

Pelaksana pematung: Team pematung Keluarga Arca Yogyakarta

Lama pembuatan kurang lebih 1 tahun

Diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1963 oleh Bung Karno

 

ppem-irian0081

Simbol kebebasan dari belenggu–penjajah (foto: ©2008 arie saksono)

 

Patung ini ditempatkan di Lapangan Banteng, karena lokasi ini strategis dan luas, memenuhi persyaratan untuk penempatan patung setinggi ini. Lapangan Banteng pada waktu itu merupakan pintu gerbang bagi tamu-tamu yang datang dari lapangan terbang Kemayoran. Sehingga penempatan Patung Pembebasan Irian Barat akan menimbulkan kesan estetis dan historis bagi ibukota Jakarta.

 

Sumber:

 ______., Sejarah Singkat Patung-Patung dan Monumen di Jakarta, Jakarta: Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dinas Museum dan Sejarah, 1992 

 

© 2008 arie saksono 

About these ads

14 Responses to Patung Pembebasan Irian Barat

  1. Vana_Iva says:

    wow…keren…
    di sini lmyan lngkap ya informasi ttg patung gitu…
    Keren bget!!
    Suka foto2 ya?nice^^

  2. bacakita says:

    Tapi sayang yah sejarah dari terbuatnya patung itu terlupakan dengan kesibukan jakarta sekarang

  3. hanz says:

    saya bsk guiding di sana..

    thx buat detailnya ya..

    ^^

    keep in goiNg…

  4. she says:

    nah ni dia baru betul..
    dicari2 buat tugas saia nih..
    minggu dpan saia akan ksana ahh..

  5. Henny Naga Putri says:

    Salam Indonesia,
    Arie,
    Smoga dengan artikel ini semakin membangkitkan Nasionalis terutama Generasi Muda Indonesia.
    NKRI tetap Bersatu!!!!

  6. Emang gak ada ya….
    Yang bza ngasih tau teknik pembuatan salah satu hasil karya seni patung d Indonesia ini. Uda 1 jam gk dapat2. Untuk besok lagihh….
    T,T

  7. atashia dimara says:

    keren juga ya patung bapak gue
    maaf kalo yang lain pada sirik

  8. [...] Sumber: http://ariesaksono.wordpress.com/2008/11/12/patung-pembebasan-irian-barat/ [...]

  9. indonesia event…

    [...]Patung Pembebasan Irian Barat « arie saksono[...]…

  10. hana says:

    nama dari patung itu belakang nya padimara kan

  11. hana says:

    kalo boleh tau nama dari patung itu apa sih nama lengkap nya

  12. V for Vendetta says:

    Mahakarya Sejarah.
    “Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah”

    Merdeka

  13. indra says:

    Salam juang ..
    Kita patut bangga pada bangsa INI .namun syg banyak yg TDK tahu bhwa patung pembebasan irian barat sebenarnya adalah seorang tokoh pejuang putra asli irian barat . “Dimara” yg diabadikan Oleh Presiden Soekarno karena kegigihanya melawan penjajah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: