Patung Dirgantara Pancoran

dscf51432-copy
Patung Pancoran – Dirgantara (foto: arie saksono)

Banyak warga Jakarta yang hanya mengenal nama patung ini sebagai Patung Pancoran namun tidak mengetahui bahwa sebenarnya patung ini bernama Patung Dirgantara.

Patung Dirgantara di bundaran Jalan Jenderal Gatot Subroto (Seberang Wisma Aldiron Dirgantara, dahulu Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia) dibuat berdasarkan rancangan Edhi Sunarso, dikerjakan oleh pematung keluarga Arca Yogyakarta pimpinan Edhi Sunarso. Ide pertama adalah dari Presiden Soekarno yang menghendaki agar dibuat sebuah patung mengenai dunia penerbangan Indonesia atau kedirgantaraan. Patung ini menggambarkan manusia angkasa, yang berarti menggambarkan semangat keberanian bangsa Indonesia untuk menjelajah angkasa.

patung-pancoran1-copy
©2008 arie saksono

Data-data singkat mengenai patung Dirgantara:

  • Arti filosofis melambangkan keberanian atau kesatriaan dalam hal kedirgantaraan. Jadi yang ditekankan di sini adalah bukan pesawatnya namun manusianya dengan sifat jujur, berani, dan bersemangat mengabdi yang dilambangkan dalam bentuk manusia dengan kejantanannya memaksimalkan tenaga.
  • Patung ini terbuat dari bahan perunggu, berat patung 11 ton, Tinggi patung 11 meter, sementara tinggi voetstuk (kaki patung) 27 meter, dikerjakan oleh PN Hutama Karya dengan IR. Sutami sebagai arsitek pelaksana.
  • Patung ini dikerjakan oleh team pematung Keluarga Arca Yogyakarta di bawah pimpinan Edhi Sunarso sedangkan pengecorannya dilaksanakan oleh Pengecoran Patung Perunggu Artistik Dekoratif Yogyakarta pimpinan I Gardono.
  • Lama pembuatan patung ini satu tahun (1964-1965). Tahap penyelesaian mengalami kelambatan disebabkan oleh keadaan politik akibat adanya peristiwa kudeta Gerakan Tigapuluh September/ pemberontakan PKI yang terjadi di tahun 1965.
  • Sampai dengan meletusnya G30S/ PKI patung ini belum selesai dipasang. Tidak satupun bagian dari patung yang terpasang sehingga sempat beredar isu bahwa patung ini menggambarkan alat pencungkil mata yang digunakan PKI dalam melaksanakan aksinya gerakan kudeta.
  • Bung Karno dengan keras hati ingin sekali membuktikan bahwa isu tersebut tidak benar, sehingga beliau menginginkan pemasangan Patung Dirgantara dapat segera diselesaikan.
  • Biaya pemasangan patung ini pembiayaannya berasal dari kantung pribadi Bung Karno, yaitu dengan menjual sebuah mobil pribadinya.

Soekarno Bung Karno

 

Proses pemasangan Patung Dirgantara selalu ditunggui oleh Bung Karno, sehingga kehadirannya selalu merepotkan aparat negara yang bertugas menjaga keamanan sang kepala negara. Alat pemasangannya sederhana saja yaitu dengan menggunakan Derek tarikan tangan. Patung yang berat keseluruhannya 11 ton tersebut terbagi dalam potongan-potongan yang masing-masing beratnya 1 ton.

Pancoran 1960-an
Patung Dirgantara/ Pancoran pada sekitar tahun 1960-an

Pemasangan patung Dirgantara akhirnya dapat selesai pada akhir tahun 1966. Patung Dirgantara ditempatkan di lokasi ini karena strategis, merupakan pintu gerbang kawasan Jakarta Selatan dari Lapangan Terbang Halim Perdanakusumah selain itu dekat dengan (dahulu) Markas Besar Angkatan Udara Republik Indonesia.

©2008 arie saksono

 

Sumber:
______., Sejarah Singkat Patung-Patung dan Monumen di Jakarta, Jakarta: Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Dinas Museum dan Sejarah, 1992.

25 Responses to Patung Dirgantara Pancoran

  1. erryl says:

    makasih atas informasinya

  2. cecilia S. says:

    Banyak tempat yang dijadikan LandMark kota Jakarta, tapi hanya sedikit yang tahu sejarah pembuatannya. Thanks for putting this information, hopefully many people honored and be grateful for our heritage.

  3. Ellena says:

    anehhhhhhhhhhhhhhhhh

  4. vonny says:

    kereeeeeenn…ternyata patung ini sedikit banyak biaya pemasangannya berasal dari kantong Bung Karno sendiri.. ada nggak Presiden yang kayak begitu ladi yaa?seniman abisss..;)

  5. Bidin says:

    Makasi Mas Ari atas informasinya
    manfaat buangat bagi saya pribadi
    pa lagi ada foto tahun 1960annya.
    rumah saya ga jauh dari patung pancoran sekitar 1KM.

  6. Bidin says:

    Berarti proyek patung pancoran, Masjid Istiqlal N Monas keluaran TH 60an yah?????????????
    Ordenya Bung Karno

  7. dheNy says:

    ahirnya gw tau juga sejarahnya patung pancoran yg tiap hari gw lewatin… thanks infonya mas Ari

  8. dwi says:

    heibaaat….! Amazing!

  9. v3a saez says:

    thank’s ia kaliand bantu aku banget

  10. abin says:

    Wooow ngga nyangka ternyata kayak gitu sejarahnya😀 it’s very interesting

  11. R4hmAdANi says:

    thank BGt coz ITU bAnTUIn tuGAS XU.SEJAraH NYa amAZIng

  12. Ryan says:

    Thx ya ats infonya, baru tau klau patung pancoran itu nama dulunya patung dirgantara….dan salut sm presiden kita yg pertama, membuat patung itu ternyata pake uang bung karno….rumah saya ga jauh dr patung tersebut, persis di belakang Wisma Aldiron.

  13. gigih Prastowo says:

    trimakasih atas infonya mas

  14. Fatimah says:

    Wow,kren bgd..ahr’y tau jg sjarah dr patung pancoran,trims y info’y..

  15. gatot says:

    Luar biazoooo,……smoga akoe ine,…zang skrang manuzia biaza2 jja,……bza menjadi seorang bungkarNoe ke Dua,…..

  16. selvy says:

    teman-teman sebenarnya apa yang di ceritakan oleh pembuat blog ini hanyalah sedikit bagian dari betapa soekarno menginginkan patung ini bisa terwujud, bahkan mas edie selaku arsitek patung ini sempat dilema ingin melanjutkan pembuatan patung ini atau tidak, dikarenakan patung ini mendapat cekalan dari pihak militer dan soeharto. Ditambah dengan UTAng untuk membuat patung yang sudah menumpuk, tetapi soekarno dengan rela dan gesit menjual beberapa mobil dan sedikit harta benda yang ia punya, demi meneruskan pembuatan patung ini. Baru-baru edie pun tahu bahwa uang yang dipakai untuk biaya pembuatan patung dirgantara adalah kocek pribadi soekarno, akhirnya edie segera menyelesaikan walaupun uang yang diberi soekarno, belum cukup untuk membayar utang pembuatan patung itu dikarenakan bAhan dasarnya adalah perunngu. Yang sangat membuat saya sedih, setelah patung selesai dibuat edie tengah berada di atas sebelah patung itu,tiba-tiba dibawah sana terdengar bunyi suara ambulance, edie pun sempat melihat sebentar kebawah. 5 menit kemudian edie baru mengetahui dari para buruhnya bahwa mobil jenazah itu adalah soekarno. Betapa sedih dan sakit hati edie, karena rencana untuk mempertunjukkan patung ini kepada beliau, tak tersampaikan. edie pun langsung memberi hormat kepada patung ini. Teman-teman, patung ini sesungguhnya menyimpan makna tersendiri terhadap kejadian pembuatannya, ia paham betul sakitnya PKI dituduh menculik para jenderal, soekarno di fitnah hingga ia dilengserkan dari jabatannya. Dan saat ini,lihatlah patung ini terpotong oleh jembatan layang di sebelah kanan kirinya, seolah2 patung ini ingin dibenamkan oleh rezim orba dengan dalih transportasi darat.

  17. aini says:

    suka deh ma bung karno,,,,
    keren euy,,,,:)

    makasih jg y atas info’a,,,

  18. Hi,

    mohon izin untuk memasukkan artikel anda ke web planktonindonesia.com. planktonindonesia adalah web untuk berbagi tempat menarik di indonesia.

    bila anda tidak berkenan harap menghubungi saya dan saya akan segera menghapusnya.

    terima kasih.

  19. waw wktu kejakarta q jg lewat tUh patUng hahaha bagus” bgd

  20. […] Sumber: https://ariesaksono.wordpress.com/2008/03/11/patung-dirgantara-pancoran/ […]

  21. […] sumber: ariesaksono.wordpress.com […]

  22. Dean says:

    Dana Pribadi didalam pembiayaan itu saya sangat senang mencermin diri Bapak Presiden qt yg dulu sangat sangat baik ( Royal ) apakah jaman sekarang bisa >>>> …. klo mw dikenang saya punya saran buat lah Patung di Pelabuhan yang posisi patungnya ada di laut tidak didarat.buatlah seni patung itu dengan historis yang ada dilokasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: