Masjid Kubah Emas – Dian Al Mahri


Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri (foto: arie saksono)

Masjid Dian Al Mahri atau yang lebih dikenal dengan Masjid Kubah Emas berada di Jalan Maruyung raya, Kel. Meruyung, Kecamatan Limo, Kota Depok. Masjid megah ini berkapasitas 20 ribu jemaah berdiri kokoh di atas lahan seluas 70 hektare. Masjid ini mulai dibangun April 1999 oleh seorang dermawan, pengusaha asal Banten bernama Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid, istri dari Drs H. Maimun Al Rasyid, yang membeli tanah kawasan ini sejak tahun 1996. Rencananya, selain masjid, lahan ini akan dijadikan Islamic Centre. Nantinya akan ada lembaga dakwah, dan rumah tinggal. Semua bangunan tersebut merupakan bagian dari konsep pengembangan sebuah kawasan terpadu yang diberi nama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri.

Masjid Dian Al Mahri dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006, bertepatan dengan Idul Adha 1427 H yang kedua kalinya pada tahun itu. Pembangunannya sudah berlangsung sejak tahun 1999, namun baru dibuka untuk umum pada tanggal 31 Desember 2006. Setelah shalat Idul Adha, pemilik masjid langsung meresmikan masjid ini. Ada sekitar 5 ribu jemaah yang mengikuti prosesi peresmian masjid ini.

Spesifikasi Masjid

Bangunan masjid memiliki luas area sebesar 60 x 120 meter atau sekitar 8.000 meter persegi. terdiri dari bangunan utama, mezamin, halaman dalam, selasar atas, selasar luar, ruang sepatu, dan ruang wudhu. Masjid mampu menampung 15 ribu jemaah shalat dan 20 ribu jemaah taklim. Masjid ini merupakan salah satu di antara masjid-masjid termegah di Asia Tenggara.

Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Seluruh kubah dilapisi emas setebal 2 sampai 3 milimeter dan mozaik kristal. Kubah utama bentuknya menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil lainnya memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.

Relief hiasan di atas tempat imam terbuat dari emas 18 karat. Begitu juga pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prado atau sisa emas.

Ruang utama masjid memiliki ukuran 45×57 meter, dapat menampung sebanyak 8.000 jamaah. Masjid ini memiliki 6 minaret berbentuk segi enam yang tingginya masing-masing 40 meter. 6 minaret ini dibalut granit abu-abu dari itali dengan ornamen yang melingkar. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.
Kubah masjid ini mengacu kubah yang digunakan masjid-masjid Persia dan India. Lima kubah melambangkan rukun Islam, seluruhnya dibalut mozaik berlapis emas 24 karat yang materialnya diimpor dari Italia.

Pada langit-langit kubah terdapat lukisan langit yang warnanya dapat berubah sesuai dengan warna langit pada waktu-waktu sholat dengan menggunakan teknologi tata cahaya yang diprogram dengan komputer.

Interior masjid ini menampilkan pilar-pilar kokoh yang tinggi menjulang untuk menciptakan skala ruang yang agung. Ruang masjid didominasi warna monokrom dengan unsur utama warna krem, untuk memberi karakter ruang yang tenang dan hangat. Materialnya terbuat dari bahan marmer yang diimpor dari Turki dan Italia. Di tengah ruang, tergantung lampu yang terbuat dari kuningan berlapis emas seberat 2,7 ton, yang dikerjakan oleh ahli dari Italia.

Kemegahan Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Emas pada Masjid Dian Al Mahri

Masjid ini disebut dengan Masjid Kubah Emas, sesuai namanya masjid ini memang menggunakan material emas dengan 3 teknik pemasangan: pertama, serbuk emas (prada) yang terpasang di mahkota/pilar, kedua gold plating yang terdapat pada lampu gantung, ralling tangga mezanin, pagar mezanin, ornament kaligrafi kalimat tasbih di pucuk langit-langit kubah dan ornament dekoratif diatas mimbar mihrab, yang ketiga gold mozaik solid yang terdapat di kubah utama dan kubah menara.

Pengurus dan pengelola masjid tidak mengungkapkan informasi mengenai total biaya pembangunan dan juga berat emas keseluruhan yang ada di kompleks masjid ini. Hanya ada informasi ketebalan emas yang melapisi kubah. Setiap kubah memiliki ketebalan emas 2 sampai 3 milimeter. Sekitar 2 container lempengan emas didatangkan dari Italia untuk melapisi kubah masjid ini. Emas kubah tersebut kemudian dilapisi lagi dengan mozaik kristal.

Update informasi; Beberapa waktu yang lalu pengurus dan pengelola masjid telah mengungkapkan biaya pembangunan masjid ini dalam sebuah program infotainment televisi swasta. Disebutkan bahwa biaya pembangunan sebesar 20 trilyun rupiah sebagai nazar atas kesembuhan dari sakit yang diderita sang pemilik Masjid Kubah Emas ini.

Perlu diketahui bagi Pengunjung:

Masjid ini terbuka untuk umum, namun demikian ada beberapa bagian yang harus tetap steril seperti menara masjid. Meskipun dibuka untuk umum, namun Masjid Dian Al Mahri tutup pada hari Kamis, menurut pengurus masjid, hari kamis digunakan untuk keperluan persiapan ibadah shalat Jumat keesokan harinya. Sedangkan pada hari lainnya masjid dibuka pada pukul 10.00 pagi hingga 20.00 malam dan untuk shalat subuh hingga pukul 07.00 pagi (keterangan selengkapnya dapat ditanyakan pada pengurus masjid). Jumlah pengunjung biasanya membeludak pada hari Jumat sampai Minggu. Saat Shalat Jumat, minimal 5 ribu jemaah memadati masjid. Sementara pada hari Minggu, jumlah pengunjung biasanya mencapai 10 ribu orang. Sedangkan pada hari-hari biasa, jumlah jemaah tidak terlalu banyak.

Pengunjung bebas keluar masuk masjid, namun demikian ada beberapa aturan yang harus dipatuhi agar suasana ibadah tetap nyaman. Misalnya pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke lingkungan masjid. Anak di bawah usia 9 tahun juga dilarang memasuki lingkungan masjid.

Untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kalau berkunjung kesana khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab. Alas kaki/sandal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar. Tempat penitipan alas kaki pada jam-jam shalat menjadi sangat ramai dan penuh. Pada siang hari halaman luar lantai depan masjid sangat panas namun pengurus masjid memberikan karpet plastik untuk mengurangi panasnya lantai halaman masjid. Pengunjung dilarang menginjak rumput yang ada di taman sekitar mesjid. Bagi pengunjung yang ingin berteduh dan sekedar beristirahat, di seberang masjid ada ruang serbaguna yang disediakan. Biasanya para pengunjung menggelar tikar di ruang serba guna ini sambil mengagumi keindahan masjid ini.

Untuk masuk ke dalam masjid, diwajibkan memakai pakaian yang menutup aurat, sehingga kalau berkunjung kesana khususnya kaum hawa harus mengenakan jilbab. Alas kaki/sandal harus dititipkan ke bagian penitipan, dan tidak boleh ditinggal diluar. Tempat penitipan alas kaki pada jam-jam shalat menjadi sangat ramai dan penuh. Pada siang hari halaman luar lantai depan masjid sangat panas namun pengurus masjid memberikan karpet plastik untuk mengurangi panasnya lantai halaman masjid. Pengunjung dilarang menginjak rumput yang ada di taman sekitar mesjid. Bagi pengunjung yang ingin berteduh dan sekedar beristirahat, di seberang masjid ada ruang serbaguna yang disediakan. Biasanya para pengunjung menggelar tikar di ruang serba guna ini sambil mengagumi keindahan masjid ini.

Rute Menuju ke Masjid Kubah Emas

Jalan yang lebih mudah dan tidak berliku-liku untuk menuju ke Masjid Kubah Emas lebih baik melewati RS Fatmawati. Dari arah Jakarta masuk tol arah ke Pondok Indah dan keluar Fatmawati dan belok ke kiri, bila tidak lewat tol ikuti jalan TB Simatupang hingga belok ke kiri RS Fatmawati. Setelah itu ikuti jalan, melewati dua lampu merah hingga pasar Pondok Labu dan sampai di kampus UPN, kemudian ambil ke arah kanan. Ikuti jalan melewati Golf Pangkalan Jati sampai lampu merah dan belok ke kiri ke arah Depok. Jalan ini tinggal lurus saja terus sampai ke Cinere Mall, melewati SPBU, terus hingga sampai Masjid Dian Al-Mahri yang ada di sebelah kiri jalan. Selepas Cinere Mall, memasuki daerah Limo Maruyung kondisi jalan menuju ke lokasi agak rusak berlubang dan cukup sempit hanya 2 jalur, dan harus sedikit mengantri bila berpapasan dengan rombongan yang menggunakan bis-bis besar pariwisata. Jalan lain menuju masjid ini yaitu melalui jalan Sawangan Depok dan Karang Tengah Lebak Bulus yang nantinya juga akan bertemu dengan jalan Limo – Maruyung Raya.

©2008 arie saksono

Sumber:

Buletin Dian Al-Mahri

http://www.pikiran-rakyat.com

http://www.id.wikipedia.org

berbagai sumber lain

 

Peta ke Masjid Kubah Emas (klik untuk memperbesar)
peta-menuju-masjid-kubah-emas
Sumber: Google Map

About these ads

79 Responses to Masjid Kubah Emas – Dian Al Mahri

  1. haerul anwar says:

    bagus indah puji syukur

  2. maulidan,st says:

    assalamualaikum, tolong muatkan foyo-foto saya ingin melihat interior lainnya

  3. rieds says:

    lumayan…..

  4. dwi says:

    trims…info na

  5. Ryu says:

    Indah sekali..
    boleh gak artikel ini saya post ke facebook saya (isi dan sumber saya cantumkan tanpa menguranginya)thanks

    • saksonoarie says:

      Hi Ryu, terima kasih sudah berkunjung ke sini.. silahkan saja kalau mau post artikel ini ke facebook anda, asalkan jangan lupa ya mencantumkan sumbernya.. melalui ini kan sudah meminta ijin, saya menghargai itu, jadi silahkan di post ke facebook anda. thx..

      salam Indonesia…
      >arie

  6. agung says:

    uwaaaaapik,mbak habis biaya berapa itu???yaaaa semoga saja masjidnya bisa dibuat dari emas semuanya……!!!!!amiiiiiiin

  7. AMIN THOHA says:

    Insya Allah, penyandang dananya dibuatkan rumah yang lebih indah di surga, sehingga kita bisa numpang di sana Amin

  8. Henny Naga Putri says:

    Salam Indonesia,
    Arie,
    > 6 minaret: rukun iman
    > Kubah:symbol Kekuasaan n Kebesaran Allah swt,manusia merasa kecil di hadapannya
    > Macam” kubah: kubah bawang (Persia, India), kubah piring (Turki)
    > Kubah mulai di kenal di Inndonesia awal abad 19, sedangkan di pulau Jawa pertengahan abad 20
    Di tgu info Masjid” bersejarah di Indonesia lainnya!!!

  9. slamet sutaryo says:

    sungguh SUBAHANALLAH sekali
    pertama saya melihat mesjid tersebut

    semoga masjid ini bisa bermanfaat bagi umat Islam dan tidak pada umat Islam saja Tetapi berguna bagi Masyarakat yang ada di sekitar Masjid Dian AL-Mahri tersebut. Dan tidak Lupa saya ucapkan Terima Kasih Kepada ALLAH SWT dan Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid
    yang telah menciptakan Masjid Semewah itu dan semegah Se-Asia Tenggara .
    Dan tak Lupa saya doakan semoga apa yang di Lakukan oLeh Ibu Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid semoga mendapat kelimpahan dan keberkahan oLeh ALLAH SWT
    Amin Ya Robbal Alamin

  10. MUNIR says:

    indah sekali aku jadi ingin kesana untuk yang ke 60 kalinya.. he he……
    pokoknya aku sangat ingin kesitu lagi untuk beribadah lagi

  11. pakulangit says:

    Terima kasih informasinya Mas Arie…

  12. sandhie says:

    hallo…pa kbr mas arie??
    so pasti bae2 ja kan??
    Alhamdulillah……
    btw,… q jg mo posting artikel ni di blog q leh kan??
    da bageur (baik hati)…
    trims sbelumnya.

  13. abdul fatah says:

    MANTAAAAAAAAAAAAAAAAP SUMANTAP

  14. dewi says:

    Tak ada kata y terucap sln Subkhanalloh

  15. Cecen H says:

    Subhanallah, Masa Allah di ngri ini ada Islamic Beautifull building muga bermanfaat utk umat islam. Alhamdulillah masih ada milyoner spt Hj. Dian A yg di pakai d jln Allah.

  16. Suyatmo says:

    Menandakan kejayaan islam masa kini,semoga kedepan bisa lebih.

  17. Mimbar says:

    Sungguh Kuasa Allah….
    Nyaman Dan Sungguh Meneduhkan Hati saat beribadah di sana.

  18. hendra says:

    Allah Maha Besar

  19. hendra says:

    semoga pendiriya mendapat tempat yang layak disurga,amin

  20. tomagara says:

    Semoga allah melimpahkan rahmat dan keselamatan bagi pemilik, pembuat, pemakai masjid itu didunia dan akhirat, amin

  21. ina says:

    indah sekali,,,,,semoga sang dermawan mendapat pahala dari Allah swt,amiiiin……

  22. ina says:

    NB; buat pengunjung dan para jemaah,jaga kebersihannaya yaaa,,,’n taati peraturannya supaya tetep nyaman terussssss,biar selalu nyaman buat beribadah

  23. sulistyono says:

    wah indah sekali masjid ini

  24. rifma yuniar m w says:

    Puji syukur kehadirat Allohu Robbi

  25. Moh Zulham Raharjo Rosyidin says:

    indah sekali aku jadi ingin kesana untuk yang kesekian kalinya
    pokoknya aku sangat ingin kesitu untuk beribadah lagi, Puji syukur kepada Alloh…… mudah-mudahan Abi dapat rejeki untuk Ngajak aku kesana….. amin…amin….amin

  26. enink says:

    mas,boleh ngambil referensi dari sini nggak buat bikin buku tentang masjid?

  27. Awien (ABU AMAL-GORONTALO) says:

    BismiLLAHirahmahiramanirrahim. Puji Sukur kehadiratMu ya ALLAH. Sholawat atas Nabi Muhammat SAW junjungan kami pembawa kebenaran Agama yg hak ini. Ya ALLAH Muliakanlah Orang yg tlh masjinMu di dunia ini dan muliakanlah seluruh keluarga dan keturunan mereka di dunia dan di akhirat dan bangunkankah kepada mereka mahligai di SurgaMU disisiMu yang ribuan kali lipat megahnya sebagai mana yg telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau ZAT yg tak pernah mengingkari janji.(mohon maaf tak ada kata lain yang bisa saya ucapkan,hanyan inilah yang saya bisa sumbangkan untuk anda). BARAQALLAHU FI KUM…! Hamba ALLAH dari Gorontalo

  28. ilisza says:

    thanks info dan foto masjidnya…

  29. Agung says:

    Assamalamualaikum untuk menambah informasi jalan di Sawangan Depok setelah Rumah Sakit lagi dicor di 3 tempat maka menimbulkan antrian panjang.

  30. Iis Florensen says:

    Assalamualaikum,Wr.Wb
    Subhannaullah…..Sungguh indah ciptaanmu ya allah
    Semoga yang selalu menjaga masjid itu dengan baik akan mendapt pahala dari allah…dan semoga q punya banyak rezeki n umur panjang karna q pengen sholat di sana ( Amin…)

  31. Falah says:

    Informasi:
    Jalan dari arah Cinere insya Allah akan selesai di beton. Mulai 2010 sudah bisa dipakai jalannya dan lancar. Uenak dong.

  32. Syamsuri says:

    Semoga ibu Hj.Dian Almahri dan keluarga diberikan keikhlasan yang diterima Allah SWT.

  33. whie says:

    assalamu’alaikum…..mesjid yg megah

    anak kecil ga boleh masuk ya? kasian generasi penerus bangsa ini seharusnya akrab sama yg namanya mesjid, kalo sekarang mesjidnya buat yg dewasa aja truz mereka meninggal, yang muda2 nya blom tentu mau menyuburkan mesjid coz waktu kecilnya udah dilarang masuk

  34. mastoer says:

    rizki yang diterima sungguh tidak sia sia,

  35. Achyar sewang says:

    Subahanallah 3x…Allah sang maha pencipta maha besar engkau ya Allah sehingga engkau membri rezki kpd ummatmu melalui ibu Hj. Dian Al Mahri.. bgtu indahx dan megahx masjid ini ya Allah.. smoga mendptkn balasan yg setimpal dr-Mu di surga bagi ibu Hj. Dian, keluarga dan para jamaah., smoga engkau membrikan rezki yg bxk kepadaku shingga hambamu ini dapat membgun masjid pula. Amin..Amin Ya Rabbal Alamin…

  36. fudoli says:

    agar lebih banyak yang tahu sebaiknya pasang plang di pertigaan sawangan-parung. Allahu Akbar 7X….

  37. Sepriyono says:

    Maha suci bagi Allah yang telah menciptakan manusia yang berakal mulia yang menyedekahkan hartanya untuk menanggungkan nama-Mu Ya Allah. Semoga hambamu ini juga dapat mengikuti hambamu yang telah menjalankan kewajiban sesuai dengan ujian amanah-Mu Ya Allah. Subahanallah..!!
    Terima kasih atas infonya. Assalamu’alaikum Wr Wb

  38. Falah says:

    Jalan tercepat dan terbaik menuju Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri adalah:
    Keluar dari pintol Pondok Indah terus ke Lebak Bulus terus ke Ciputat terus ke Sawangan beluk kiri ke arah Depok dan belok kiri lagi arah ke Maruyng, di situlah adanya Masjid termegah di Asia Tenggara.
    Alasannya adalah jalannya lebar dan bagus. Jangan lewat Cinere sebab jalannya hancur di depan Komplek perumahan Cinere tersebut, karena kelas jalannya tidak cocok untuk bus besar.

    Semoga membantu.

  39. robii amir says:

    alhamdulillah………..
    tapi kita jangan lupa juga beramai-ramai mengajak saudara saudara kita untuk beribadah di dalamnya.

  40. M.Ismail akbar says:

    Alhamdulillah sy dapat alamatnya…Insya Allah sy dapat beribadah didalamnya, amiiin amiin amiin

  41. mamat says:

    siiiiippppp……

    REMAS AL HUSNA SALATIGA IKUT BANGGA,,,

    INSYAALLAH REMAS STUDY BANDING KE SANA,,JIKA ADA ANGGARAN

  42. gunawan f. says:

    ya Allah, terimalah amal jariah hamba_MU yg telah mengorbankan hartanya demi syiar islam..aamiin

  43. gunawan f. says:

    dan semua itu semoga semata-mata demi menggapai Ridho-MU..aamiin.

  44. ridho says:

    aku ingin sholat berjamaah dan bertemu lagi dengan imam yang ad di masjid kubah emas…

    dia seperti bernyanyi saat membacakan ayat2 Allah…
    sungguh suara yang indah untuk didengar…

  45. subhana allah, betapa indah dan agungnya masjid kubah emas,,smg dapat bermanfaat bagi umat muslim di seluruh dunia,umumnya muslim yg ada di tanah air. amin

  46. sarah says:

    assalamualaikum..
    Subhanallah… mesjid yg sangat agung dan megah… rasanya ingin berlama2 disana… sambil beibadah..
    satu kali kesaba rasany tidak cukup…
    insyaallah pengen kesana lg…
    boleh di share di FB yah..

  47. Ghandar sheroet says:

    Semoga kita mendekatkan diri kepada ALLAH SWT. amin ya robbal alamin

  48. [...] The busiest day of the year was September 21st with 934 views. The most popular post that day was Masjid Kubah Emas – Dian Al Mahri. [...]

  49. zucki marzuki says:

    Assalamualikum wrb.saya anak dari zucki marzuki siswi kelas 4 sd.setelah saya melihat foto masjid kubah emas yang megah&indah itu rasanya saya ingin pergi kesana untuk melihat secara langsung kemegahan masjid kubah emas.

  50. Reza says:

    Heran bener, ketik kata kunci “Hj Dian Juriah Maimum Al Rasyid” koq semua yg muncul artikel tentang masjid Dian Al-Mahri, semuanya mirip pula, nggak kreatif!
    Padahal yg dicari adalah info/profil sang pendiri masjid, yaitu ibu Hj Dian. Ada situs-situs yg jelas2 nulis “foto dan profil Hj Dian Juriah Maimun Al Rasyid” tapi isinya berita/promosi/tetek-bengek gak penting! Payah semua nih situs/blog!!

  51. Bismillah,,,,smoga Allah swt .menjadikan bagi yang membangunnya mesjid yang megah di syurga.

  52. rangga says:

    Allahu Akbar coba sedikit duitnya buat saya biar bs usaha sdh 4 tahun nganggur dan kebingungan….wow…

  53. Mila says:

    MasyaAllah……sungguh indahnya rumah Allah dg kubah emas yg menghiasi.

  54. suyono says:

    Allah memang kuasa atas segala sesuatu, yang pada Nya hamba menyembah dan memohon keridhoannya. Allahu Akbar, marilah kita tingkatkan taqwa, bersihkan jiwa dari segala kesyirikan, bid’ah yang disenangi orang takhayul yang menyesatkan. takutlah kepada siksa Allah yang maha dahsyat, dan berusahalah dengan sungguh-sunguh mencapai surga Nya yang penuh dengan kenikmatan. Insya Allah Allah mengabulkan doa kita Amien

  55. Redy says:

    sungguh indahnya Rumah allah

  56. lobsterbiru says:

    info yg bagus,terimakasih

  57. Nur Julli says:

    Assalam,
    sy mau tanya..masjid nya bisa di gunakan utk tmpt akad nikah ga ya?
    klo bisa..harga sewanya brp?

  58. ADI says:

    ASSALAMUALAIKUM
    salam kenal mas…
    artikel tntang masjidnya bagus
    ,kalau boleh tahu berapa sih rata2 jemaah salat 5 waktu d hari biasa

  59. mira.t says:

    Assalamualikum………..
    Subhanallah, mesjid ibu Dian Al Mahira benar2 megah!!!
    semoga Allah menghadiahkan kesehatan hingga akhir hayatnya n dibuatkan pula rumah nan indah dan megah di surga nanti untuk beliau.
    sy jg berdoa semoga ada rejeki sehingga bisa jg sholat di mesjid megah itu.

  60. isfakarnaini says:

    Pekanbaru 24 mei 2012
    Alhamdulillah wasyukurillah luar biasa,minggu 20 mei kemaren sy dan suami berkunjung kemesjid Dian Almahdi ada sedikit krjadian setelah melaksanakan sholat ashar sy langsung bc yasin dan kebetulan hp sy tertinggal disitu setelah sy meletakkak mushap Alquran dan keluar tampa ingat hp saya tertinggal kemudian sy mau menlp suami dan sy kaget hp saya tidak ada dan sy kembali ketempat dimana sy membaca yasin td’Alhamdulillah wasyukurillah hp sy msh ada disitu padahal begitu banyak pengunjung Allah telah menyelamatkan sy

  61. Danny says:

    Menurut saya masjid ini dibangun hanya diperuntukan bagi orang2 yg berduit saja, bagaimana tidak masuk ke dalam masjid kita diwajibkan bayar dengan tarif 25rb rupiah untuk mobil saya tidak tau kalo motor, parkir di dalam masjid 2rb, keluar masjid kita deiwajibkan bayar lagi sebesar 3rb. Masjied apaan ini? Niat ke masjid untuk beribadah malah diperas sama petugas penjaga masjid.
    Buat sahabat2 yg lain klo semisal nggak mau diperas keluar masuk masjid

    Terserah tanggapan apa yg ada setelah saya menulis ini tapi saya hanya menghimbau kepada sahabat agar menjauhi masjid seperti ini.

  62. Kapan aku bisa pergi kesana ya dan melaksanakan shalat di sana

  63. Husni tamrin says:

    subhanallah, umat islam indonesia pantas bangga dengan masjid ini.,..

  64. lokot samsudin says:

    masya ALLOH.barokAllohulakum piddun ya wa fil Akhiroh

  65. Engkau Maha Kasih dan sayang Ya AllahLimpahkan Lagi Rahmatmu Kepada ibu Hj.Dian Maimun Alrasyid agar bisa membangun lagi 1 Masjid semegah ini di Kec.Kilo NTB.amiin..

  66. Reza Ardian says:

    wah megah sekali saya aja baru 1x kesana, kalau ke mesjid nabawi & masjidil haram sering he..he… soalnya pas naik haji

  67. stya budiawan says:

    Subhanallah It’s butifull…

  68. hafaizstory says:

    subhanallah indahnya, tapi sayangnya jarang sekali diisinya, terakhir saya berkunjung kesana mesjidnya baru di buka jam 10 pagi,
    saya berharap pengunjung tidak hanya menikmati tampilan luarnya saja tapi juga merasakan kenikmatan beribadah didalamnya amiin…

  69. yosa meriza says:

    alhamdulillah … saya sudah pernah ke sana dan subhanallah indah sekali.

  70. hadi says:

    Satu2nya masjid yg kl kt mau ibadah hrs bayar dl apalagi bawa kendaraan roda empat, masuknya hrs bayar 10rb, didlm parkir bayar 2000, pas mau keluar pun dipungut lg 3000, sy pikir itu hrs dipikirkan lg oleh manajemennya. Apalagi kt tujuannya ibadah

  71. Maswar says:

    Alhamdulillah saya baru sekali datang sholat ke masjid ini dan kesan pertama masuk sudah mulai gak enak karna bayar parkir mobil menurut saya terlalu mahal Rp 10.000 + diparkiran Rp2000 dan mau keluar bayar lagi Rp 2000 total Rp 14.000, kemudian tempat parkir mobil terlalu jauh ke masjid terutama untuk lansia yang susah jalan kaki kemudian dari batas suci ke tempat berwudhu kita sudah wajib buka sendal namun tidak ada atap sehingga panas sekali seperti menginjak bara api, terakhir di ruang tempat istirahat pengunjung di aula Dian Almahri tidak ada WC untuk laki2 sehingga harus jalan kaki lagi ke WC masjid, jadi dengan kesan2 yang kurang enak demikian semoga tidak mengurangi pahala ibadah saya dan semoga diperhatikan oleh pengelola masjid

  72. frans says:

    belum pernah kesini,pengen liat bagaimana indah’ny itu mesjid.

  73. SATRIO WELAS says:

    masjid megah megah tp msh bnyk umat islam yg miskin dan serba kekurangan. mending bikin masjid sederhana, uang nya disumbangkan ke fakir miskin.

  74. Wonderful beat ! I would like to apprentice while you amend your site, how can i subscribe for a weblog website?
    The account aided me a applicable deal. I have been a little bit acquainted of this your
    broadcast offered vivid transparent concept

  75. Lisma Wutzke says:

    Alhamdulillah…. Subhanallah… aku hanya dapat mensyukuri ternyata seorang wanita mukmin masih muncul dan semoga bermunculan terus untuk wanita yg lain walaupun diriku tak mungkin rasanya melakukan hal yg begini mewah… untuk Allah subhanahuwata’ala…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers

%d bloggers like this: