KAWAH PUTIH Ciwidey Bandung Selatan


Pemandangan Kawah putih (foto ©arie saksono)

Wilayah Kabupaten Bandung memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah beserta legenda-legenda yang menarik. Salah satunya adalah Kecamatan Ciwidey yang berada di selatan Kabupaten Bandung. Di kawasan ini terdapat objek wisata menarik yaitu Kawah Putih.
Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 8-22°C. Di puncak Gunung Patuha itulah terdapat Kawah Saat, saat berarti surut dalam Bahasa Sunda, yang berada di bagian barat dan di bawahnya Kawah Putih dengan ketinggian 2.194 meter di atas permukaan laut. Kedua kawah itu terbentuk akibat letusan yang terjadi pada sekitar abad X dan XII silam.Kawah Putih ini terletak sekitar 46 km dari Kota Bandung atau 35 km dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang, menuju Ciwidey.


Bpk. Wagub Jawa Barat saat kunjungan Kawah Putih 2010 (©arie saksono)

Legenda Kawah Putih

Gunung Patuha konon berasal dari nama Pak Tua atau ”Patua”. Masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Gunung Sepuh. Dahulu masyarakat setempat menganggap kawasan Gunung Patuha dan Kawah Putih ini sebagai daerah yang angker, tidak seorang pun yang berani menjamah atau menuju ke sana. Konon karena angkernya, burung pun yang terbang melintas di atas kawah akan mati.


Danau Kawah Putih (foto ©arie saksono)

Misteri keindahan danau Kawah Putih baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang peneliti botanis Belanda kelahiran Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) yang melakukan penelitian di kawasan ini. Sebagai seorang ilmuwan, Junghuhn tidak mempercayai begitu saja cerita masyarakat setempat. Saat ia melakukan perjalanan penelitiannya menembus hutan belantara Gunung Patuha, akhirnya ia menemukan sebuah danau kawah yang indah. Sebagaimana halnya sebuah kawah gunung, dari dalam danau keluar semburan aliran lava belerang beserta gas dan baunya yang menusuk hidung. Dari hal tersebut terungkap bahwa kandungan belerang yang sangat tinggi itulah yang menyebabkan burung enggan untuk terbang melintas di atas permukaan danau Kawah Putih.


Kawah Putih 1856, Java-Album, Franz Wilhelm Junghuhn

Karena kandungan belerang di danau kawah tersebut sangat tinggi, pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang dengan nama Zwavel OntginingKawah Putih’. Kemudian pada zaman Jepang, usaha tersebut dilanjutkan dengan nama Kawah Putih Kenzanka Gokoya Ciwidey yang langsung berada di bawah penguasaan militer Jepang.


Tambang belerang peninggalan jaman Belanda & Jepang (foto ©arie saksono)

Di sekitar kawasan Kawah Putih terdapat beberapa makam leluhur, antara lain makam Eyang Jaga Satru, Eyang Rongga Sadena, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha yakni Puncak Kapuk, konon merupakan tempat pertemuan para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Konon, di tempat ini terkadang secara gaib terlihat sekumpulan domba berbulu putih yang oleh masyarakat disebut domba lukutan.


Sesepuh dan Juru kunci Kawah Putih hadir pada Festival Kawah Putih 2010

Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Air di danau kawahnya  dapat berubah warna, kadangkala berwarna hijau apel kebiru-biruan bila terik matahari dan cuaca terang, terkadang pula berwarna coklat susu. Paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atas permukaan kawah. Selain permukaan kawah yang berwarna putih, pasir dan bebatuan di sekitarnya pun didominasi warna putih, oleh karena itu kawah tersebut dinamakan Kawah Putih.


Air danau Kawah Putih yang dapat berubah warna (foto ©arie saksono)

Menuju ke Kawah Putih

Sejak tahun 1987 PT. Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten mengembangkan kawasan Kawah Putih ini  menjadi sebuah objek wisata. Untuk tiket masuk areal objek wisata Kawah Putih, setiap orang dikenakan biaya Rp 10.000,00, (update harga tiket lihat keterangan di bawah) sudah termasuk premi asuransi. Objek wisata Kawah Putih dibuka mulai pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00, setiap hari Senin sampai dengan Minggu. Fasilitas bagi pengunjung di sekitar Kawah Putih sudah cukup memadai dengan adanya areal parkir, transportasi transit menuju kawah, pusat informasi, mushala, dan warung-warung makanan.


Danau Kawah Putih kadang ditutupi halimun (foto ©arie saksono)

Untuk menuju ke sana, pengunjung dari Jakarta dapat melewati tol Cipularang terus menuju pintu keluar tol Kopo menuju Soreang ke arah selatan ke kota Ciwidey. Sekitar 20 – 30 menit dari kota Ciwidey terlihat tanda masuk menuju gerbang masuk objek wisata Kawah Putih yang ada di sebelah kiri jalan. Untuk menuju Kawah Putih dari gerbang masuk kawasan objek wisata Kawah Putih disarankan menggunakan kendaraan, jangan berjalan kaki karena jalan yang agak menanjak dan cukup jauh, yaitu sekitar 5,6 km atau sekitar 10 – 15 menit dengan kendaraan. Kendaraan pribadi dapat langung menuju tempat parkir luas yang tersedia tidak jauh dari kawah. Sementara pengunjung dengan rombongan besar yang menggunakan bis, atau transportasi umum dapat menggunakan kendaraan khusus yang ada di areal parkir dekat gerbang masuk untuk mencapai kawah dari pintu masuk. Kondisi jalan yang kecil dan menanjak tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan jenis bis besar maupun sedang.

Transportasi umum menuju Ciwidey dari Bandung dapat ditemui di Terminal Kebun Kalapa maupun Leuwi Panjang. Setelah sampai di Kota Ciwidey maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan tujuan Situ Patengan. Angkutan pedesaan yang menuju Situ Patengan ini melintasi objek-objek wisata yang ada di kawasan Ciwidey yaitu Perkebunan Strawberry, Kawah Putih, Ranca Upas, & kolam renang air panas Cimanggu. Untuk dapat menjelajahi dan menikmati keindahan alam kawasan Ciwidey dan sekitarnya rasanya tidak cukup hanya satu hari.

© 2008-2010 arie saksono

Updated Harga Tiket Masuk dari pembaca:
Lihat komentar pengunjung di bawah ini:

Updated Tiket Masuk Kawah Putih per 12 Maret 2012:
Wisatawan Mancanegara: Rp. 30.000.
Wisatawan Nusantara : Rp. 15.000.
Ontang-anting : Rp. 10.000 PP (5.000 x 2)
Mobil sampai ke atas : Rp. 150.000.
Parkir Bus : Rp. 25.000.

 

yogi says:
September 19, 2010 at 18:32
update tarif masuk kawah putih hari ini (19/10/10):
orang: Rp.   26.000 (termasuk ongkos kendaraan ke atas-PP)
mobil: Rp. 150.000 (minibus)-sampai ke atas

Oman mengatakan:
Mei 18, 2010 pukul 18:28

Info kemarin tgl 17 Mei 2010.
Tiket masuk update 8 Mei 2010 (dibuka kembali)
Wisnus Rp 25.000,- / orang. (termasuk angkutan ke atas kawah)
Wisman Rp 50.000,- / orang.
Bermobil 1 orang Rp 165.000,- / (man)Rp 190.000,-
Bermobil 2 orang Rp 180.000,- / (man)Rp 230.000,-
Bermobil 3 orang Rp 195.000,- / (man)Rp 270.000,-
dst.

About these ads

218 Responses to KAWAH PUTIH Ciwidey Bandung Selatan

  1. sony says:

    Lokasi wisata ini pokoke maknyus…..

  2. ibundanya Jasmine says:

    butet dah kept….sumpe gw gak ngeh kalo ini web loe…secara kemarenan jasmine pernah nanya ttg kawah putih….gw googling dan nyungsep di sini dan sukses menceritakan ulang kembali apa yg loe tulis…hehehhehe…thank you ya!

    sukses yaa…

  3. felicia says:

    di gua kawah putih angker ga? aku ga pernah ke sana

  4. golden retriever says:

    keren neh,,,,,,

  5. may says:

    taun baruan kemaren kesono… asli keren abisss… yg belum ayo buruan sebelum belerangnya abis hehehe

  6. Dara says:

    ya ampun,,,

    kueren,,,bgt,,,

  7. rafly says:

    sumpah,,,,indah bgt,,, yg belom ksana pasti nyesel
    bwt yang uda ksana pasti ktagihan mau,mau&mau lagi,,,,

  8. iin says:

    hiks hiks penget banget kesana
    tapi masih belum keturutan

  9. noval says:

    adew…….indh na ga di sngka bgs bgt………?
    kpan gw bisa kesana……..?

    benerga sieh……klo tinggal di bndng bisa putih kulit kita ?

  10. ringgo says:

    gila… eksotis bgt tempatnya…
    gw ga rugi kesana

  11. A says:

    Pengen banget kesana…..tp sibuk terus neh kerja…
    trus saya juga bingung…kalo k kawah putih ini…baawa kendaraan pribadi jalurnya gimana tuh?? saya dari arah dago

    • saksonoarie says:

      A Says:
      March 2, 2009 at 13:56
      Pengen banget kesana…..tp sibuk terus neh kerja…
      trus saya juga bingung…kalo k kawah putih ini…baawa kendaraan
      pribadi jalurnya gimana tuh?? saya dari arah dago

      Arie Says:
      kumaha atuh kang! kan dekat kalo dari Bandung. kalo mo gampang masuk aja jalan tol keluar di kopo, terus ke kanan lewat pasar terus ke arah soreang lewat, terus lagi ke ciwidey, lewat kbn strawberry, terus2 lagi sampe deh ke kawasan objek wisata kawah putih yang ada di sebelah kiri jalan.. kira2 1,5 jam lah kalo dari bandung. kalo pake mobil pribadi bisa lanjut sampe ke parkiran di atas dekat kawah, tapi kalo pake bis, nanti naik angkutan menuju ke kawah.
      gmana?.. ksana yuk..

      salam Indonesia > arie

  12. alung says:

    bagi yang punya penyakit gatal(budug)coba aja mandi di kawah putih insya allah sembuh……..

  13. tina says:

    truz masalah penginapan gmn??
    yang murah n gampang nya apa??
    untuk menjelajah satu objek wisata ke objek wisata lainnya bisa jalan kaki ga??

  14. Nur says:

    kang tau ga harga tiket yang 2009

  15. astrizqi says:

    sebentar lagi kan kelas 3 UAN Di zhebot mengadakan wisata ke bandung kawah putih rencanaNya?? tapi btw emang bagus si tapi ko tempatnya mahal ya? gpp si kalau misalnya bagus tempatnya sesuai dgn harganya..bandung emg good wisata in the word indonesian..kalau dr tangerang si di tempuh 6jam klo ga salah,,salam i ;ove you……bandung best dah…the rea;lly

  16. Agung says:

    ya ampyuuunnn… jalan setelah pintu masuknya itu lho… bikin jantung ser2an… belom kalo hujan, licin, becek…

  17. iRna says:

    duh mw bru2 ksna ne coz nty tgl 31 aq ksna perpsi gtu

  18. indah says:

    beuh…….kren beud tu kwah….

    allah maha kuasa iia….

  19. Januar says:

    kalobawa motor dari purwakarta mudahkan petunjuknya?

  20. oca says:

    thx atas info ttg kawah putih ciwideuy, tapi boleh g saya dikasih tw rute jalan menuju kesana. posisi saya di jln. supratman bandung. terimaksih. kalo bisa hari ni jawabannya krn besk mw kesana bawa temen dr jakarta tp saya g apal jln menuju kesana. mohon petunjuknya y. thx a lot again

  21. Fenny says:

    mas arie, tw ga buat foto prewed bayar brp ya?

    thx u

  22. saksonoarie says:

    @oca:
    maaf oca saya terlambat baca comment anda, tapi setidaknya di atas saya sudah berikan ancer2 untuk menuju ke sana..
    thx

    @fenny:
    information sent to your e-mail..
    thx..

    salam Indonesia > arie

  23. Henny Naga Putri says:

    Arie,it’s great,btw,pabrik n makam posisinya di mana,thx. Bravo

  24. aan says:

    keren banget nih kawah, kalau kesana bawa sedan mending ditinggal ditempat parkir bawah, kasihan mobilnya, ada ruas jalan yang rusak dan curam, takutnya nanti selip pas naik
    kayaknya kalo foto pre-wed disana gak bayar ya, karena gak liat preman2 yg suka mintain uang atau peraturan kalo foto2 harus bayar……..

  25. Bella says:

    gilla …. keren abiezz ..
    good view .. sumpahh yg lum prnah ksna .. nyesel dweh .. view na keren bizz ..

  26. deadlockguitarist says:

    bneran .. sbgai warga bandung asli kudu n wajib ksinih .. pemandangannya buset .. aslee inih mah hheu putih smua buu .. aernya bsa gunta ganti warna pula ahahhaa

    oia mas ikut share ia .. :)

  27. fauziyah says:

    mau nanya …
    saya nanti rencana akan ke kawah putih bersama rombongan.
    1. kira2 sekarang tiketnya berapa ya ????
    2. klo naik bis ke sananya ,,, ke kawahnya msti jalan ,, apa ada transportasinya ??
    3. klo ada kira2 berapa ya transportasinya ???

    trima kasih

  28. yoni says:

    wesssss……….keren abiesssss deh kawah putih bener2 indah bgt…jadi ketagihan pngen kesana lagi…. tapi kapan ya… ??? soalnya saya sibuk terus sih….

  29. vey says:

    alhamdulillah tulisannya sangat berguna untuk tmn2 yg pengen th kawah putih.

    saya jg pernah ksn dan subhanallah sangat indah pemandangannya dan tdk akan mengecewakan dech bwt tmn2 yg sk dengan alam :)

  30. yuri says:

    mau nanya
    -tiket masuk sekarang berapa
    -dari loket masuk kekawah putih ada kendaraan

  31. johan says:

    kawah putih menurut gw wajib untuk dikunjungi :razz: coz indah bgt, gw dah 2 kali ke sana dan pengennya sih klo ada waktu mau kesana lagi

  32. fany says:

    KAWAH PUTIH
    keren abissssss!!!!
    walaupun sedikit susah sih jalan masuknya,,,tapi semua itu terbayar deh ama indahnya kawah putih…

    pokoknye yang belu pernah ksana pasti nyesel dehh!!!

  33. inasnadiya says:

    kawah putih! KEREN! gue penasaran tentang goa nya tuh

  34. budi says:

    Mantep bRooo<<<
    w kSna dah 10 X, 9a da Bosennya……….

  35. Wah kl lo lo pd maen ke kawah putih pasti asik bgt blur!! Pemandangan yg kueren abizt. Gw prnah ksna sktar th 2007an, pke vespa blur…. waduh prjlnannya adventure bgt!! Tp gw sneng z, mski dg medan jln yg terjal bkin tncap gas vespa tuh.
    Met’ mncba y indahnya pemndngan kawah putih n kawasan ciwidey.

  36. Widi says:

    Butuh info biaya masuk brp ya?n ongkos angkot dr parkir bis menuju kwh pth brp ya?kl kbun stowberry byar ga?

    • saksonoarie says:

      Salam kenal widi,
      Harga tiket masuk Kawah Putih untuk domestik : Rp. 10.000; untuk mancanegara Rp. 20.000; sementara kalo ongkos angkutan dari tempat parkir bis menuju ke kawah Rp. 8.000; pp, kalo mo carter 1 mobil berarti skalian bayar 14 orang X Rp. 8.000; Rp. 112.000; (Data Mei-Juni 2009)
      Kalo masuk ke kebun strawberry kebanyakan tidak bayar, hanya bayar parkir tapi biasanya pengunjung yang datang untuk memetik dan membayar/beli strawberry yang di petik per kilo sekitar 40-50rb-an (mungkin lebih, tergantung :)))

      salam Indonesia > arie

  37. lasno says:

    I’M COMING

  38. sasuke19 says:

    Mau nanya,, saya dgn tmn2 mau ksana bulan depan,, kira2 ada penginapan ga disana?? areal nya dimana dan harganya berkisar antara berapa?? harap petunjuknya,, makasih

  39. saksonoarie says:

    @sasuke19:
    information sent to your e-mail..
    thx..

    salam Indonesia > arie

  40. nadya says:

    gw dah prnah k sana pemandangannya bagus bgd
    sampe sampe gw ga mau pulang

  41. aku pengen banget menelusuri kota bandung

  42. Lya says:

    AQ PENGEN KEZANA………..!!!!
    Hiks.hiks

  43. abet says:

    mntab . . . !!!!

  44. wahyudin says:

    dulu 5 tahun yang lalu belum sebagus ini , kok sekarang di tv banyak ditayangin artinya semakin indah kan, aku pengen kesana lagi pasti akan asyik deh

  45. Handy says:

    dari Tangerang mau ke kawah putih cuma bingung nginapnya dimana yah? ada informasi penginapan yg dekat2 situ?

  46. Echa says:

    aduh g klo di suruh balik lg ke kawah putih ogah bgt de apa lagi hari libur. Engga bgt!!! tgl 22 sept’09 g sm rombongan ke kawah putih. jalan menuju kawah putihnya rusak,belok2,tanjakan,pokoknya errr pusing. toilet nya juga cuma ada 1 sebelum msk kawah dan dekat pintu keluar.. ga memadai ya??? udah gitu pas pulang nya dari tempat pengambilan karcis pintu masuk menuju jalan raya itu macet sampai 6 jam padahal cuma 3 kilo.. buset deh!!! berantakan abis…alhasil motor dan mobil pun matikan mesin…
    sekian sharenya teman2….

  47. Echa says:

    bagi teman2 yg mau ke kawah putih jgn pernah menggunakan kendaraan pribadi sedan.. cos jalan yg rusak dan tikungan…

  48. SeXy_ChAn says:

    Saya boleh minta rekomendasi list penginapan di ciwidey. terima kasih

  49. evabaydachotun says:

    KANG IKUT COPY GAMBARNYA YA… TERIMA KSIH BANYAK SEBELUMNYA…

  50. rahma cute says:

    wewh ..
    i like bandung ..
    sx nyoba ke bandung ..
    pengenn agii …

  51. haris says:

    saya mw nanya,bln dpn sya mw ksana bersama rombongan mggunakn bus,
    1. hrga tiket masuk rmbongan dgn bus brp ya,utuk bus ukuran 3/4 atau yg besar?
    2. untuk hrga tiket msk dan angkutan ke atas ny,pa masih dgn hrga tiket masuk Rp 10000 dan angkutannya Rp 8000 PP
    mohon di confirmasinya ya?

    • saksonoarie says:

      Salam kenal mas Haris,
      maaf baru dibalas.
      1. harga tiket masuk per orang Rp. 12.000,00. untuk bus dikenakan biaya Rp. 20.000,00
      2. Untuk mencapai kawah, rombongan dengan menggunakan bus, dapat menggunakan transportasi lokal (sejenis minibus carry dengan kapasitas 14 orang > 2 orang didepan 12 orang di belakang. tarif per orang pulang pergi Rp. 8.000,00

      salam Indonesia
      > arie

  52. sebelumnya salam kenal,,,
    Saya mau tanya, kalo buat Desember kira2 harga tiketnya berapa yah,???
    2 tahun lalu pernah sih kesana….

  53. saksonoarie says:

    Salam kenal juga mas Heri,
    Setahu saya harga tiket untuk bulan Desember nanti tidak naik. karena baru belakangan ini saja naik, dari Rp. 10.000,00 menjadi Rp. 12.000,00.

    salam Indonesia,
    > arie

  54. zhe says:

    aa,,penginapan yg murahnya mo dunks link??yg pstiny msh di kawaasan wisata ciwedey yah??
    thx ^o^

  55. indra says:

    mw tanya ada penginapan di daerah kawah putih yang termurah tp nyaman buat nginap?
    kalo ada minta list dan nomer tlpnya
    urgent cos besok mw ke kawah putih
    terimakasih bantuannya
    secepatnya :)

  56. rina says:

    tiap taun,kami skeluarga pasti kesana…

  57. andi novita says:

    em gimana si caranya ke ciwidey dr jakarta utara ?
    cara yg paling simple dan hemat waktu.
    makasii

  58. kissYaa Nasti says:

    butuh info peninapan buat 8 orang
    haraga/ harinya brp??
    kalo bisa kaya villa aja atau rumah sewa yang view nya bagus,,,dan murah
    info cepat yah ke
    ksarinastiti@yahoo.com
    atau sms ke 021-9488*070

    *security star

  59. toto says:

    perlu deh dicoba kalau ada waktu dan rezeki

  60. eva says:

    WaaW boleh jg utk d kunjungin..

  61. Klo punya penyakit asma boleh ke situ gag yaa?

  62. ini IRIS says:

    Hello…Pa Arie saya mau tanya, kalau mau menghubungi ke pengawas kawah putih kemana yah?

    Saya ada rencana mo kesana Awal Bulan Februari 2010
    Apakah pada waktu itu kawah tersebut aman untuk dikunjungi? hm… rugi ka kesana pada tgl segitu? takutnya ada fasilitasnya yg ga bisa digunain, atau kawahnya pas tgl segitu lagi ga bagus, atau cuaca pada tgl segitu di kawah putih kurang mendukung?

    terus mau tanya juga apa pada tgl segitu enterence fee masih 12rb?
    yang sekarang berapa enterence feenya?

    Kegiatan apa aja yg bisa dilakuin disana?
    kaya naik perahu? apakah bisa?
    disediakan berapa banyak perahu?
    satu perahu cukup untuk berapa orang?

    heuheuheuheu… itu aja Pa Arie… sebenernya saya mau tanya via telepon ke pengurus / pengawas kawah putih tapi saya ngga tau harus menghubungi kemana..

    makasih Pa Arie, ditunggu infonya yah pa:D

  63. nia says:

    gm ya aku pingin ke kawah putih,tapi posisi aku di cikarang,emmm kalo pake kendaraan umum gm ya..rutenya

  64. erika says:

    besok gue mau kesana doong! ckck (mudah mudahan)

  65. reni says:

    harga tiket untuk rombongan berapa??????????

    untuk hari senin tanggal 15 februAri 2010

  66. Ria says:

    mnta tolong dikirimkan nomor telepon kawah putih dunk..
    kalo mau rombongan kesana gmn cara booking angkot transit kawah putih?
    tq..

  67. eka says says:

    gila keren bangetz tuh tmpt’a!!!!!!!!!tp angker gak???klo angker gak jd kcana ah gwee takuttttttt!!!!

  68. nana says:

    Lam kenal mas Arie,skitar Kawah Putih apa ada lgi obyek wisata laen? Klo kira@ akhir februari, cuaca disana m’dukung ngga? Tktna hujan trus N makin dingin.Informasi villa ( dg view bagus ) yg bisa disewa boleh dunk dikirim ke email sy.Regards,

  69. titi hudani says:

    mas Arie, tolong info tentang penginapan di lokasi tersebut beserta rate’nya. terimakasih

  70. adit says:

    mantappppp bener,.,..,.,.,.,.

  71. oce dwech…. kapan2ke situ ach…. he3x

  72. [...] http://ariesaksono.wordpress.com/2008/03/10/kawah-putih-ciwidey-bandung-selatan/ hms2201lita @ 3:26 am [disimpan dalam Uncategorized Leave a Comment » [...]

  73. GN says:

    wah tempat’a bgus g nyesel ikut kesana

  74. GN says:

    wah tempat’a bgus g nyesel ikut kesana hari kamis

  75. ronald says:

    duuh jadi kangen ma kampung halaman kapan ya aku pulang thanks ya bung arie rindu ku telah ter obati..?

  76. Zoeya says:

    Mas ..memang bener ya?…katanya kawah putih ditutup mpe tanggal 27 may 2010?….kirim email ya..ke asepsuhermin@ymail.com

  77. Oman says:

    Info kemarin tgl 17 Mei 2010.

    Tikek masuk update 8 Mei 2010 (dibuka kembali)
    Wisnus Rp 25.000,- / orang.
    Wisman Rp 50.000,- / orang.
    Bermobil 1 orang Rp 165.000,- / (man)Rp 190.000,-
    Bermobil 2 orang Rp 180.000,- / (man)Rp 230.000,-
    Bermobil 3 orang Rp 195.000,- / (man)Rp 270.000,-
    dst.

  78. Heri says:

    Jujur saja, sy nyesel bgt ke Kawah Putih 16 MAy 2010 kmrn.
    Pengelolanya terlalu banyak mengeruk keuntungan, hrg tiket masuknya gak worthed bgt.
    Padahal Agustus 2009 kemarin cuma 10 rb/org.
    sekarang tiket masuknya sdh nyamain tiket msuk Dufan Ancol.
    Not very very recommended, yg diliat cuma kawah putih doang dan sedikit renovasi di tangga menuju kawahnya saja.

  79. elly says:

    @Mas Heri: wah..kalo sampe tiket masuk Rp 25.000 dah termasuk mahal yah.apalagi kita kalo ke sana nya pasti rame2 bawa keluarga

    @Mas oman: kalo tiket omprengan bt kita naik dari pelataran parkir bus ke kawahnya harus bayar berapa ya per org nya? minta info dong Mas. skalian no tlp kantor informasi di kawah putihnya..thanks..

  80. nitu says:

    wow.. mahal banged, kalo s’bis kira” harga tkt masuknya brp ya? ada yg tau gk?

  81. Eric says:

    Bro,

    boleh diinfo mengenai biayanya:
    Bermobil 1 orang Rp 165.000,- / (man)Rp 190.000,-
    Bermobil 2 orang Rp 180.000,- / (man)Rp 230.000,-
    Bermobil 3 orang Rp 195.000,- / (man)Rp 270.000,-

    maksudnya apa yah (man) Rp.190.000 dan seterusnya?

    • saksonoarie says:

      Bro,
      boleh diinfo mengenai biayanya:
      Bermobil 1 orang Rp 165.000,- / (man)Rp 190.000,-
      Bermobil 2 orang Rp 180.000,- / (man)Rp 230.000,-
      Bermobil 3 orang Rp 195.000,- / (man)Rp 270.000,-
      maksudnya apa yah (man) Rp.190.000 dan seterusnya?

      (man) >disini maksudnya “Mancanegara”. seterusnya kalau 190.000, > 230.000. selisih 40.000. jadi setiap tambah satu orang seterusnya ditambah saja 40.000.

  82. Eric says:

    ok bro thanks updatenya….

    ada satu lagi mau tanya bro..kalo bermobil 1 orang itu maksudnya tanda masuk mobil 165rb+1 orang atau biaya pake mobil jemputan disana yah?

  83. bayu says:

    ada yang tau gak untuk harga rombongan? dan dapat diskon gak?

  84. rahma says:

    mw nanya bleh?
    – tiket msuk per 10 juli 2010 brp?
    – sy m tmn2 kl naik bis umum dr jkt k ciwidey nyambung na kmn lagi y?
    – dr ciwidey k dago naek angkot na brp x?
    Thx y..

  85. irvan says:

    HARGA MASUK SEKARANG BERAPA ? KALAU 1 MOBIL DENGAN 5 DEWASA DAN 5 ANAKANAK TOTAL NYA JADI BERAPA?
    HOTEL YG TERDEKAT DIMANA ?.
    TERIMA KASIH.

  86. dido says:

    pak kira2 kalo lebaran tiket masuknya naik ga,,,trus tiket masuk yang Rp25.000 subah termasuk biaya transportasi transit apa belum? soalnya rengana ke situnya rombongan atau garter bis. trim’s

  87. marsih syarif says:

    harga tiket masuk Rp25.000,00 sudah termasuk biaya trasportasi transit apa belum? kalau biaya transit nya aja berapa? soalnya rombongan, rencana ke kawah putih bulan ini

  88. tikaa says:

    mas..
    kalo naek angkutan umum rute ny gimana?
    perjalanan berapa jam ?

    ada tempat penginapan ga ?
    harga ny?

    makasii yaa..mas

  89. khaa_khay says:

    kalo naek angkutan umum gimana?
    dari luwi panjang deee

    brp jam perjalanan ?
    budget yg perlu dsediain berapaa?

    aku mau aku mau

  90. khaa_khay says:

    penginapannyaaa ?
    mahal g yaa?

  91. Aris says:

    Informasi :
    Untuk tiket dan angkot dari parkiran ke kawah putih Rp. 25,000,-/orang/PP(sudah termasuk tiket masuk ke kawah putih)
    Untuk tiket masuk pake mobil pribadi bener seperti yang sudah diinfokan diatas.
    Untuk penginapan yang terdekat dengan kawah putih di **** Resort dengan fasilitas lengkap dengan petik strawberry, Kolam Renang Air Panas, Kolam Perahu Angsa, Flying Fox dan lain sebagainya.
    Untuk reservasi silahkan hubungi 022-**842820 atau 022-**871457…

    *security star

  92. lanti says:

    pak masuk ke kawah putih kalau rombongan 1 bus = 50 orang ada disc??? dan naik angkotnya seperti takubanperahu? hotel apa yg bagus dan baik?
    terimakasih tolong dibalas , rencana pergi rombongan tg 22 agustus

  93. pemi says:

    pengn bgd kesan ya sejarah yaya
    indah ya

  94. Usep says:

    Hatur nuhun atas informasinya.

    Biaya relatif mahal dapat dimengerti, dipahami dan diterima oleh rakyat yang cukup biaya.

    Kecian deh rakyat pas-pasan, ngga bisa menikmati alam Indonesia yang maha indah diberikan gratis oleh Tuhan Pencipta Yang Maha Rahim. Tapi . . . jadi komersial dengan alasan untuk pemeliharaan, pemberdayaan masyarakat sekitar, dsb dsb nya. (mohon maaf bagi pengelola, kalo merasa tersinggung).

    Sebagai perbandingan aja yang di Amrik : Taman Nasional Yellowstone USD 27 utk 1 (satu) mobil, Mt. Rushmore USD 10, juga untuk 1 (satu) mobil, berapapun jumlah orang, termasuk parkir, ngga ada preman ato parkir liar. Padahal pendapatan orang Amrik rerata jauh lebih tinggi dari rakyat RI. Juga tidak ada diskriminasi wisnu dan wisman. Atau, Amrik merasa “lebih kaya”, sehingga merasa gengsi untuk minta sangu dari orang asing. Sementara itu, pengelola Kawah Putih merasa “miskin” sehingga merasa berhak “minta lebih” dari wisman yang dianggap punya uang lebih banyak karena bisa datang dari jauh ?

  95. jeanny says:

    Helo…ąđą Ψğ τ∂υ ήğą,,ъếsǿќ kawah putih buka ήğą yaa??
    Coz rencana aq ъếsǿќ ♏ǻΰ ke kawah putih ^-^
    ЌąĿō smpe ήğą buka,,sia2 aq brgkt dr jkt »_« ќąĿō ąđą Ψğ τ∂υ,,kasi info-nya yaa…¨☺¨
    ThAnK ¥¤u

  96. jeanny says:

    Łăđϊ udh ke kawah putih,,lumayan rame but nice :-)

  97. andi says:

    @ jeanny : mohon info terupdate dong harga tiket berapa per orang??? mobil berapa masuknya?? mohon sharing ya trims…

  98. andi says:

    pengen ke bandung bulan desember nanti, kira2 untk rombongan ada discount ga ya…

  99. ary says:

    ticket masuk kawah putih berapa. kira-kira untuk rombongan sekitar 20-25 orang. rencana mau kesana tanggal 19 september 2010. trus kalo kesana menuju kawah putih’nya menggunakan kendaraan lagi atau tidak, kalo ya harga’nya berapa ? mohon infonya. terima kasih.

  100. jose says:

    bang nanti mlm sy mau kesanah ,tiket masuk berapa sekarang ?

  101. ikhsan says:

    tlng dink info in harga tiket msk per/org brp…klw rombongan brp…bis bsr kan ga bs naik,klw tarif angkutan kecil dri bwh ke atas per/org nya brp…
    info kan ke no 08568151806

  102. teuku agus setiawan pinem says:

    tmpat nya asieek bngtz ….
    indah , asri , and dingin bngt !!! jd kbayang truss ma tmpt nya …

  103. razaq says:

    info terakhir, tgl 17 September 2010, tiket masuk, Rp.16.000/orang, kendaraan pribadi Rp.150.000,-/ mobil. (motor dan mobil sewa ke dalam gak nanya)..

    Comment : untuk tiket masuk murah, buat kendaraan relatif kemahalan.. Semoga bisa ditinjau lagi.

  104. razaq says:

    info terakhir, tgl 17 September 2010, tiket masuk, Rp.16.000/orang, kendaraan pribadi (mobil keil/minibus)Rp.150.000,-/ mobil. (motor dan mobil sewa ke dalam gak nanya)..

    Comment : untuk tiket masuk murah, buat kendaraan relatif kemahalan.. Semoga bisa ditinjau lagi.

  105. yogi says:

    update tarif masuk kawah putih hari ini:
    orang: Rp.26.000(sudah termasuk
    ongkos kendaraan PP)
    mobil: Rp.150.000 (minibus)
    kalo menurut saya memang terlalu mahal,mohon di tinjau kembali bwt bpk2 yg brwenang, thx

  106. saksonoarie says:

    @razaq & yogi ^^
    terima kasih sudah mau berbagi informasi terbaru di sini..

    salam Indonesia > arie

  107. juwii says:

    kang skrang harga msuk na brpa?

    knpa wktu it sempat di tutup tempat wisata kawah putih na?

    mhon info na ,trima ksih .

  108. iyun says:

    mau tanya donk..kl di deket2 situ ada restoran yg enak ga..??rencananya mau maen k kawah putih sekalian makan siang…plis kirim info ^_^

  109. tatha says:

    mw ty donk..hrg tiket msk kawah putih brp?truz sya rencana mw rombongan -+ 50 org,kira2 berapa dana yg hrz disiapin?perlu survei dulu ga?adakah no tlp yg bisa saya hubungi ga?ditunggu kbrnya….secepatnya…mksh..

  110. tatha says:

    mw ty donk..hrg tiket msk kawah putih brp?truz sya rencana mw rombongan -+ 50 org,kira2 berapa dana yg hrz disiapin?perlu survei dulu ga?adakah no tlp yg bisa saya hubungi ga?ditunggu kbrnya….secepatnya…mksh..05
    hubungi ke no dibwh ini
    02194373**2.

  111. maulan says:

    punten..
    mau tanya nih HTM kawah putih sekarang berapa yah ???
    thanx

  112. maulana says:

    kita semua mau ngadain acara disana, insaallah akhir bulan Nov 2010 ini. .
    tolong kasi info lengkapnya dong buat tiket masuk/orang sama masuk bis ??
    makasi. . .

  113. dedah says:

    Mohon informaasinya untuk penginapan terdekat dengan kawah putih.
    Terima kasih

  114. koko says:

    kita semua mau ngadain acara disana, InsaAllah 30 Okt 2010 ini. .
    tolong kasi info lengkapnya dong buat tiket masuk/orang sama masuk bis ??
    makasi. . .
    sama htm situ patenggang juga..
    trus petik strawberry juga dimana yg recomended..hehehe
    peserta 41 orang . .

  115. koko says:

    ditunggu infonya ya boss , , nuhun

  116. saksonoarie says:

    @all : maaf lama tdk di response.. keluar kota terus nih. tapi info harga tiket kan sudah di update di atas, please check it out above! info didapat dari teman2 jg kok thx ya.

    update tarif masuk kawah putih:
    per orang: Rp.25.000(sudah termasuk ongkos kendaraan PP, jadi ticket Rp 15.000, + Rp 10.000, utk angkutan kecilnya)
    kalo utk mobil/elf: Rp.150.000 (dibawa sampai ke atas)
    Mancanegara Rp. 50.000,

    @koko: htm Situ Patenggang, berdasarkan info terakhir: Rp. 6.000. lokal/ domestik, Rp. 15.000. mancanegara. entrance fee bus sekitar 20rb-an.

    thx for visiting my webblog :)

    salam Indonesia
    >arie

  117. nia says:

    beneran tuch harga tiket masuk perorangnya Rp 26.000 coz saya tanya sama temen yg belum lama dari sana katanya Rp 70.000/orang. apa harganya dimainin sama penjaganya?? mohon infonya

  118. adhi says:

    hebat amat harga tiketnya.

  119. adhi says:

    harga tiket sebesar itu???? malah seperti preman yg udah terorganisir.
    gimana nih admin????

  120. sita ar. says:

    mas Arie, saya mau tanya, di sekitar kawah putih/ciwidey model penginapannya apakah berupa hotel, vila, atau rumah penduduk? kira2 tarifnya berkisar berapa ya? terimakasih

  121. diiana says:

    jd pgn kE_sana lg nih… mmang sngguh indah’
    kwasan puncak, Bandung!!!

  122. sonny says:

    PERHATIAN! Bagi yang membawa rombongan teliti dan hitung lagi jumlah tiket masuk kawah putih yg anda bayarkan! mintalah tiket sesuai dg jumlah orang yg dibayar! penjaga loket sering KORUPSI!!!
    hari ini sya bawa rombongan 45 orang, per orang 25rb.(tiket masuk Rp. 15rb, angkutan ontang anting Rp. 10rb) sya bayar Rp. 1.125.000., ke penjaga loket yang 2 orang cewek, di loket sementara seberang loket asli (karena hr ini lagi ada acara festival kawah putih)
    karena buru2 langsung urus angkutan utk group ke atas kawah, sya gak sempat dihitung lagi jumlah tiket. pas di atas kawah sambil nunggu angkutan balik turun, sya hitung lg tiket ternyata sya cuma di kasih tiket ontang anting Rp 10.000.= 45 lembar, total = 450rb, tiket masuk kawah putih Rp. 15.000.= 8 lembar = 120rb!! (*dari total 45 tiket!).

    Bayangkan ada 37 tiket yg gak dikasih X Rp 15.000.= Rp. 555.000.!!!, di KORUP sama tuh cewe penjaga tiket dalam sekejap! pas turun sya cari lg tuh penjaga tiket sdh gak ada, krn hujan loket sementara gak tau kemana dipindah?. krn program padat akhirnya saya tinggalkan.

    Benar2 keterlaluan! mending kalo saya dapat discount atao potongan hrg dari jumlah rombongan atao apa gitu, ini dikorupsi begitu saja!.
    Jadi sekali lagi harap cermat hindari korupsi, hitung tiket sesuai dengan yang dibayar !! tolong perhatian pengelola diawasi dengan benar dan diperhatikan masalah ini, karena dibandingkan tangkuban perahu sekarang sudah lebih baik pengelolaannya daripada kawah putih yang sekarang ini harga tiketnya sudah melonjak tajam tapi bobrok orang2nya
    terima kasih.

  123. aci says:

    aku tgl 5 Januari mau keciwidey kurang lebih 30 orang,, jalan dr jakarta jam 7 pagi,, langsung keciwidey.. nah rencananya habis dari ciwidey mau lgsung belanja ke FO daerah dago dan cihampelas,, malamnya mau mkan di dago pakar..kira2 brapa jam ya dr ciwidey ke dago?? tktnya waktunya habis di jalan eung,,, tolong dibantu yaaaaaaaaaaaaaaaa.. makasi banyak…

  124. saksonoarie says:

    @Aci: Untuk group tour k Ciwidey (Kawah Putih dan Situ Patenggang dsk) dari jakarta menggunakan bis biasanya memakan waktu satu hari penuh tanpa tambahan wisata ke Bandung. perjalanan jauh, kepadatan lalu lintas di daerah Kopo Sayati dan di beberapa titik menuju Ciwidey, delman2 yng ada di sepanjang jalan soreang-ciwidey turut memperlambat laju kendaraan terutama bis dan selain itu juga menunggu ontang-anting (angkutan) di kawah putih yg cukup memakan waktu! lain hal bila anda menggunakan kendr pribadi mgkin bisa lebih cepat.
    Biasanya sehabis tour dari kawah putih dan Situ Patenggan akan kembali tiba di pintu gerbang tol Kopo sudah sktr jam 05.30-06.00an sore (jadi bila lsg kembali ke Jakarta akan tiba sktr pkl 08.00-09.00). Bila masuk lagi ke bandung via pasteur selepas gerbang tol biasanya macet makan waktu setidaknya stengah jam-an ditambah lalu lintas yng padat maka akan tiba di tujuan berikutnya di kota Bandung sktr pukul 07.00-an ditambah waktu utk belanja, makan, dll, jadi bisa diperkirakan akan tiba kembali di jakarta pukul berapa?,
    Tapi kalau memang msh mau ke Bandung sebaiknya diatur saja turun dari atas (ciwidey dsk) maximal jam 03.00. jadi tour ciwidey hanya ke kawah putih saja tdk ke Situ Patenggang atau sebaliknya. sehingga masih ada waktu utk ke objek lain a/ makan malam di Bandung, dan konsekwensinya tiba kembali di jakarta larut malam..

    salam Indonesia..

  125. aci says:

    kang Arie mu tanya 1 lagi,, apa lalin dsna weekend atau weekday sama saja? alias macet?

  126. [...] KAWAH PUTIH Ciwidey Bandung Selatan March 2008130 comments 5 [...]

  127. 2 Jan 2011 sy sklrga k kwsn Ciwidey, sblm ke situ patangan sy msk k kawah putih. Subhanallah..! bgtu indah ciptaan-Nya, udara sangat sejuk, pemandanagan nan elok.
    pantas disebut surga yg tercecer di bumi parahiyangan. Perlu informasi yg jelas, karena bnyk pengunjung yg mengurungkan niatnya terutama yg mengendarai kendraan roda dua tdk berani menaiki kawasan tersebut padahal jalan cukup menunjang dan medan dpt dilalui.

  128. aci says:

    akhirnya… kesmpean jg ke kawah putih… ternyata ga susah ko untk sampe sana…sblm ksna aku search di goegle..buat cr2 informasi cz blm pernah ksn sama sekali,, ahirnya ak dapet no tlp org perhutani snanya.. orgnya ramah.. jd dr pertma dtg smp pulang ak cuma berurusan sm st orang. dan harganya murah ko cuma 30rb 1 orang itu sdh termasuk mobil ontang anting.. pemandangannya Subhanallah,, indah bgt… jd pgn ksana lg.. pokoya yg blm kesana hrus nyoba…

  129. lia says:

    @ aci…bisa dikasih tau ngak no telp orang perhutani tersebut krn sabutu ini aku mau ke sana sama keluarga..thx

  130. 1ki3 says:

    kang ijin contek artikelnya yah!
    thanks before

  131. aci says:

    @lia_ punten ga buka2 email, dah telat ya,, tp ga ppa buat yang mau kekawah puth hub org perhutani nya aja ni no nya 0*21154*0300/0*7*24444550 kang dany namanya.

    *security star

  132. VYCHA says:

    kok ga da makalah nya y???????????
    padahal mau neliti bab ni ni

  133. salam kawah??gimana sekarang tiketnya udah turun harganya belom????(soalnya dulu mahal)

  134. [...] KAWAH PUTIH Ciwidey Bandung Selatan [...]

  135. aku kangen banget sama kawah!!!! nanti kalau lebaran insya allah mau ke kawah dech,aku kan dah pernah kerja di kawah,salam ka pak ADE AMAR!!!,,,,””

  136. Riies khnsllu syangdy says:

    Brrrrrr,….., Dnginnya Kawah Putih,…….,

  137. andi says:

    update terakhir 13 maret 2011…
    tiket wisatawan nusantara : 15.000 / orang
    mobil dibawa ke atas : 150.000

    mau foto2 pake kostum menyolok : 350.000 ..
    klo foto2 pake baju biasa/baju casual seh gratis, biarpun kamera ada 10 sekalipun.
    (ini berdasarkan pengakuan seorang petugas perhutani yg nongkrong sekitar kawah, aturan ini tidak terpampang di loket pintu masuk tapi hanya diketahui oleh bagian informasi perhutani saja)

  138. Tanu says:

    Meni awiiiissss pisssaaann euy……..

  139. hadi sucipto says:

    mohon infonya, untuk travel agent yg bawa rombongan da discount gak nih, rencana tgl 2 April qta bw rombongan ke kawah putih

  140. lilis says:

    mohon info tiket masuk kawah putih, thanks

  141. Merdian says:

    Saya KECWA sama pengelola kawah putih PT. Perhutani (Persero) Unit III Jabar dan Banten. Terakhir kemarin tgl 01-05-2011 saya sempet dateng kesana dan kaget ternyata harga tiketnya sangat mahal dan tidak logis tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Tidak saya sangka dengan 1 mobil terdiri dari 6 0rang dikenai harga Rp. 245.000. Dengan dengan harga sekian tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan, jalan juga masih sempit dan masih banyak yang berlubang. Saya mohon bagi pengelola wisata kawah putih yang terkait, tolong kalau mau mengangkat citra wisata kawah putih tidak dengan cara mengeruk keuntungan tanpa memberikan fasilitas yang baik. Thanks

  142. Pandji says:

    Kawah Putih: Lihat kondisi jalan yg sempit berlubang, lahan parkir yg kurang nyaman, fasilitas toilet yg bayar lagi tp kotor&bau, belumlah cocok untuk harga tiket semahal ini.

    Tidak ada yg dpt kami (turis lokal) banggakan untuk tiket semahal itu. Apa lg dpt kami banggakan kepada wisman yg harga tiketnya beda jauh lebih mahal.

    Mereka (wisman)juga banyak yg kecewa dgn diskriminatif tiketnya.
    Mereka akan senang walaupun bayar mahal jika memang kondisi harga tersebut layak mereka bayar mahal.

    Pantas pariwisata Jabar kalah menarik dari Yogya apalagi Bali…JAUUUUUHHH..
    Sepertinya hanya untung..untung..& untung saja yg dipikiran pariwisata Jabar dgn peningkatan kwalitas pelayanan yg seadanya.
    (tengok harga tiket masuk Sari Ater & gunung Tangkuban Perahu…wow)

    Bagaimanapun saya bangga dgn potensi objek wisata Jabar.
    Semoga pengelola objek2 wisata ini dpt lebih baik lagi, merakyat & semakin maju.

    Wassalam.

    • Iantie says:

      Thanks utk info pentingnya tdinya buka web ini bermksd cari tau ttg kawah putih krn minggu ini ada rencana pingin kesana tetapi stlh baca jdi mikir lg mau ksna tdinya stlh baca semua komen2 yg blg ktnya indah tp stlh baca bbrp komen yg pd kecewa ma HTM ( itu hrg thn 2011 udh sgtu utk wisman apalg hrg skrng ) dn krn fasilitasnya serta diskriminatifnya ke wisman jdi ga antusias lg utk berkunjung ksana krn kebetulan saya mau bwa wisman sbyk 10 org dan saya tdk mau mrk kecewa stlh menempuh prjlnan yg lumyan jauh dr jkt. Sekali lgi thanks utk ur information.

  143. Arie Suharie says:

    ciptaan tuhan yang menakjubkan …

  144. Ambar says:

    Gila Tuh..
    Sekarang Liat Danau kawah putih ajaa..MAHAL bangettt..
    HARAM TUH DUIT… Kebanyak KORUPSI…
    Tarif nya sama aja kyak Ke DUFAN…
    Besok kalo kesana saya pengen Lapor ke DPR Bandung…atas kebijakan Tarif Parkir yg melebihi 200rb ..

    Kwahh Putih-Cwideyy…
    (Wisata Ancur…)

  145. Ambar says:

    Gila Tuh.. Cuma liat DANAU AJA..M.A.H.A.L!!!!
    Sekarang Liat Danau kawah putih ajaa..MAHAL bangettt..
    HARAM TUH DUIT… Kebanyak KORUPSI…
    Tarif nya sama aja kyak Ke DUFAN…
    Besok kalo kesana saya pengen Lapor ke DPR Bandung…atas kebijakan Tarif Parkir yg melebihi 200rb ..

    Kwahh Putih-Cwideyy…
    (Wisata Ancur yg merugikan masyarakat untuk 2012 mendatang…)

  146. Ambar says:

    pemerintah Bandung Tidak mau BERTINDAK!!
    Gila Tuh.. Cuma liat DANAU AJA..M.A.H.A.L!!!!
    Sekarang Liat Danau kawah putih ajaa..MAHAL bangettt..
    HARAM TUH DUIT… Kebanyak KORUPSI…
    Tarif nya sama aja kyak Ke DUFAN…
    Besok kalo kesana saya pengen Lapor ke DPR Bandung…atas kebijakan Tarif Parkir yg melebihi 200rb ..

    Kwahh Putih-Cwideyy…
    (Wisata Ancur yg merugikan masyarakat untuk 2012 mendatang…)
    Reply

  147. Ruarrrr biasa memang ciptaan Tuhan, keindahannya tiada dua dan bandingannya!! laiknya di Surga.

  148. mikum pak……………………………….

    tuk harga skrg brpa ya?
    cos na2k dri cimahi pngen ke stu………….

  149. z33no277 says:

    Tanggal 24 Juli 2011 saya bersama istri ke kawah putih, kaget karna harga tiket masuk untuk mobil pribadi seharga Rp 150.000,- sedang untuk HTM per orangnya Rp 16.000,-.
    untuk HTM senilai itu saya rasa tidak sebanging dengan apa yang saya dapat dengan saya datang ke wisata Kawah Putih, Dari jalan yang sempit dan berlubang, sehingga sering keluar jalan untuk berbagi dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan, dengan kondisi jalan yang berbatu tentu saja menyebabkan kondisi mobil lebih cepat mengalami kerusakan pada bagian tertentu.
    kekecewaan yang lain adalah tidak adanya fasilitas Umum yang refresentatif seperti WC umum dan tempat Ibadah, WC yang kotor dan tidak terawat serta saya tidak tahu tempat sarana ibadah juga dimana. ditambah saat di kawah tidak banyaknya tempat sampah, sehingga saya lebih sering memsukan bekas air mineral ke dalam tas saya sampai saya menemukan tempat sampah.
    untuk pengelola tempat wisata Khususnya di Kawah Putih tolong lebih di perhatikan untuk menmberikan pelayanan yang lebih maksimal dan memberikan hak pengungunjung yg telah membayar mahal unutk menikmati anugerah Allah Swt, tentu ini agar pengunjung agar kita bisa kesana lagi dilain waktu tentunya dengan mereferensikan kepada kerabat kita untuk berkunjung kesana.

  150. Sobriadi says:

    Antara tanggal 2/3 saya mau ke Bandung mgantarkan Sudara saya Ke UIN Sunan Gunung Jati yang berada di daerah Cibiru. Lalu saya ada niatan ingin main Ke kawah putih juga, mumpung lg di bandung. Kira2 dari Cibiru kekawah putih naik angkutan apa saja yah? Dan butuh waktu berapa lama untuk sampai kesana? lalu, Untuk harga tiket masuknya brp yah?

    • aef says:

      aku uga kgk tw…
      lw mslkn ada yg tw harga tiket msuk k kwah putih tlong sms ke nomor hp saya dong cz saya sesudah hari raya idul fitri akan liburan k sana..
      ni nomor aku..:083877554475

  151. harga tiket liburan lebaran sekarang brpa ???

  152. exa doank says:

    minta rute perjalanan dri subang ke ciwidey kawah putih donk……ditunggu yach…

  153. satya says:

    jangan lupa bawa telor mentah, lumayan ngerebus disana gratis ga pk masak hehehe…

  154. simabunta says:

    Gua pengen bgt ksitu tpi syang gua msih di luar negri jadi gua liat di web ini aja dlu…

  155. Ujang Nana says:

    Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata paling mahal dengan pasilitas yang paspasan dan merupakan ajang korupsi pegawai PERHUTANI dan

  156. Ujang Nana says:

    Tolng Ke Pa ari bilangin ke pihak pemda, pemkot dan perhutani pusat, kawah putih obyek wisata paling mahal dengan pasilitas paspasan dan penataan yang amburadul dan ajangnya korupsi para pegai PERHUTANI kalau dibirin kasihan para Wisatawan dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari wisatawan yang berkunjung ke Kawah Putih

  157. Mamat says:

    Sy sebagai orang Ciwidey merasa sedih dengan banyaknya pernyataan, komentar mengenai mahalnya biaya masuk berkujung ke kawah putih, karena mahalnya masuk tidak akan memberi sumbangan yang signifikan kepada masyarakat sekitar malahan menjadi bumerang bagi masyarakat yang hidup dengan menggandalkan para pengunjung. dan pemerintah setempat juga, sampai kabupaten mereka memeang seakan akan diam karena mungkin mereka tidak tau dilapangan atau tidak bisa melihat karena tertutup amplop. Saya sarankan kepada para wisatawan yang ingin berlibur keciwidey masih banyak obyek wisatawan yang lainnya seperti, Kawah Cibuni, Situ patenggang, Rancawalini, Rancaupas(perkemahan) dan anda bisa berkunjung ke daraeh Pantai Cianjur selatan (Pantai Jayanti) Via Cwidey, Balegede, Naringgul Cidaun dengan lama perjalanan dari Ciwidey 3 jam, dan anda bisa terus melanjutkan perjalanan ke Pangandaran (Ciamis) dengan menggunakan jalan lintas selatan dari Jayanti, Rancabuaya, santolo (Garut), Perkebunan Milamare, Cipatujah (Tasikmalaya), Cidulang, Greenkenyon, Batu Hiu dan Pangandaran lama perjalanan dari Jayanti Ke Pangandaran 5 Jam dengan disugui suasana alam pedesaan yang masih asri dan hijau.Trim

  158. Tranujaya says:

    medingan ke dupan dari pada kawah putih kalau dupan mahalnya juga jelas dengan fasilitas ok, sedangkan kawah putih nol

  159. Bujang says:

    Boleh nanya ngak gan….? kalau penginapan di sekitar kawah putih apa aja,,…? ada referensi ngak agan-aganm dan aganwati sekalian…?

  160. Bujang says:

    Oh yah boleh tau info menfgenai wisata kawah putih dan sekitar nya ….? makash yah….

  161. Bujang says:

    Boleh nanya ngak gan….? kalau penginapan di sekitar kawah putih apa aja,,…? ada referensi ngak agan-aganm dan aganwati sekalian…?

  162. irwan says:

    wah rencana mau bawa 60 orang ke kawah putih..tapi lihat komentar2 dari orang yang sudah pada kesana jadi bahan pertimbangan…..?????@@@@

  163. wanty says:

    klo boleh tau untuk masuk ke kawah putih brp ya sekarng…..tlg di komfirmasikan ke email q ya…

  164. Rini says:

    Kalau berwisata satu bis bagaimana harga tiketnya?

  165. tava says:

    ada yang punya kisah lebih detailnya? soalnya kalo yang ini, dari awal masuk kawah putih pun emang udah ada tulisanya di batu nisan segede gaban sebelah kiri, pas naikin tangga mau ke kawah

  166. Cli Oncom says:

    busheeeeeeeet indah na,,,,,
    tggu kdtngan q

  167. bimantoro says:

    mau tanya kang , klo biro perjalanan wisata bawa rombongan ke kawah putih per orangnya kena hrg tiket brp ..
    hatur nuhun.

  168. bimantoro says:

    klo boleh saya minta contact person nya kang…

  169. trisna says:

    wiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhh keren
    bwat objek fhoto niiii
    pa lg gwe yang narsis abis n gokil gila

  170. Bunda Ail says:

    OMG… Jadi g sabar pengen kesana… dari cerita n Foto2nya. kereenn.. abisss…
    Semoga ntar kesampaian.. heheh AAmiin… :)

  171. afiahh says:

    Reblogged this on afiahh.

  172. jaket kulit says:

    jaket kulit…

    [...]KAWAH PUTIH Ciwidey Bandung Selatan « arie saksono[...]…

  173. ko semua comment tentang harga berbeda beda ya ….harga yang sebenarnya untuk bulan juni 2012 ini kira2 berapa sih ?? untuk tiket masuk , naik angkot transit ke kawah putihnya sama parkir untuk bus berapa??saya mohon informasinya

  174. menti says:

    mas arie klo mau mesen tiket masuk lwat online brpa y???
    untuk tgl 8 juli 2012
    tunggu secepatna infona
    thx u

  175. villa puncak says:

    I’m very happy to discover this web site. I need to to thank you for ones time for this particularly fantastic read!! I definitely appreciated every part of it and i also have you book marked to look at new things on your website.

  176. riza says:

    ada yang tau ga lw naik transportasi umum dari cileunyi menuju ciwidey,, naik angkutan umum apa saja yah??? n ongkosnya berapa?.. plis refrensinya,,

  177. widuri says:

    jalanan ke sana ancur gak sih ? memadai pakai sedan?

  178. vonny says:

    tanya dong klo bwa mobil pribadi byar’a brapa??

  179. Fitria says:

    Harga tiket untuk juni 2013 brp y?rncana acra kenaikan kels mau ksana,truz mobil hiba 30-60 bs smpe atas g y?

  180. Kawa putih keren banget pokok nya gw paling serem sama goa belanda! Pokok nya buat kawa putih IS THE BES’T!

  181. okey deeyyy, thx yoo info ny
    desember w capcuzz deyy kesanaa :)

  182. Mr.x says:

    sy mau kesana nih minggu ini weekdays, gara2 liat harga tiket mobil 150rb, jd mendingan tinggalin mobil di hotel aja trus naik angkutan umum ke kawahnya….

  183. Andi says:

    Kalo harga tiket mobil pribadi “murah” berakibat parkiran tidak muat.. (tidak luas parkiran di dekat kawah “300 meter”).
    cuma enak’nya klo pas hujan.. mau neduh ke mobil, deket.
    perkakas juga bisa di tinggal di mobil (klo mau ngambil juga deket).
    ya cuma gitu.. IDR 150.000,- belum termasuk orang :)

  184. alfi says:

    saya minta update terbaru seputar informasi harga tiket masuk (HTM) dan lain lainnya dong kang,

    tolong dibalas, terima kasih

  185. yuli says:

    PAGI,, saya mo tanya donk klo tiket masuk yang dulu2 masih tetap samakah untkdi bulan mei nya krn kita n rombongan ada rencana untuk kesana

    • eva says:

      Sebenernya pengen ke kawah putih, secara sy dah tinggal di bandung selama 7 th tp belum pernah kesana. Tapi ngeri dg tiket mobil Rp150rb. Kalo mobil ditinggal di suatu tempat, trus naik angkutan umum,takut suami & anak2 ga nyaman. Hmmm,jadi tertunda deh keinginan lihat kawah putih..

  186. First off I would like to say awesome blog! I had a quick question in which I’d like to ask if you do not mind. I was curious to find out how you center yourself and clear your head before writing. I’ve had a difficult time
    clearing my mind in getting my thoughts out.

    I truly do take pleasure in writing but it just seems like the first 10 to
    15 minutes are generally wasted simply just trying to figure out how to begin.
    Any ideas or tips? Cheers!

  187. Hotel Garut says:

    Every weekend i used to pay a quick visit this web site,
    because i want enjoyment, as this this web site conations
    truly good funny data too.

    • fitka says:

      saya minta untuk hrga tiket masuk orang + mbil ma tolong info penginapan yang murah ada gk …URGENT NEH….

  188. yanu says:

    gan kalo rute pake motor, dari bogor lewat mana??
    terus buat motor apa bisa langsung ke tempat lokasi.

  189. memang istimewa pemandangannya

  190. pengen banget ke kawah putih

  191. yudi says:

    bus besar bisa naik keatas ndk?hrga tiket masuknya per bus brp ?mksh,rncananya akhr thun sya bserta tmen2 maw reuni brkunjung kesitu bwa bus,

  192. feby says:

    yang gak pernah ke situ kampungan bangetz tau hehhe

  193. anisa says:

    wah gilaa tempatnya seru amat…

  194. kalu tuk anak sekolah gmn pembayarannya, misalkan 1 bus berpa//?

  195. mellhy says:

    kawaah putih kereen….:D
    penuh kenangan…(y)

  196. inghee says:

    pengen ke bandung lagee…:'(

  197. mellhy_Inghee says:

    pengen ke bandung lagee…:'(

    #bandung ngangenin…

  198. sandal kulit says:

    I am sure this piece of writing has touched all the internet users, its
    really really nice post on building up new web site.

  199. dingin banget sumpah ihh udara di kawah putih itu

  200. ayoooo buruan yang belum pernah kesan i coba kunjungi kesan gan..sist :D

  201. seru banget kota kembang mah da hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 46 other followers

%d bloggers like this: